Oleh-Oleh Terkenal Khas Pulau Lombok

Setelah mengulas secara umum tentang tempat wisata menarik di pulau Lombok, kini saya akan mengajak anda untuk mengulas oleh-oleh yang harus anda miliki ketika berkunjung ke pulau Lombok. Sudah kita ketahui bawa pulau Lombok merupakan pulau yang indah, sudah banyak orang kini menjadikan pulau Lombok sebagai tujuan wisata, bahkan karena keindahan alamnya yang begitu mempesona, kini dapat menyaingi tetangganya yang sudah terkenal terlebih dahulu yaitu bali. Tak hanya wisatawan lokal saja yang menjadikan pulau Lombok sebagai tujuan wisata mereka, namun wisatawan mancanegara pun juga banyak yang menjadikan Lombok sebagai destinasi mereka,
Nah ketika anda sudah puas menikmati keindahan pulau Lombok, tak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas Lombok, apa saja itu?

Mari simak di bawah ini

Dodol khas lombol, makanan atau jajanan yang satu ini wajib bin harus anda cicipi, karena berbeda dengan dodol yang lain, selain rasanya yang manis nan segar ketika di makan yang membedakan adalah bahannya, dodol Lombok terbuat dari tepung rumput laut, gula dan campuran buah-buahan yang segar, seperti mangga, nangka, sirsak dll.
Mutiara Lombok, Mutiara dari pulau Lombok sudah sangat dikenal bahkan dijadikan ikon Pulau Lombok, sehingga anda jangan sampai ketinggalan untuk mengoleksi souvenir dari mutiara ini, anda dapat menemukan berbagai macam variasi dan harga mutiara yang tentunya sesuai dengan kantong anda, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan per gramnya. Namun Anda tidak perlu khawatir kerena mutiara Lombok ini adalah mutiara laut, bukan mutiara hasil budidaya air tawar. Mutiara Lombok tersebut dapat anda peroleh dengan mudah di butik mutiara yang berkualitas dan bersertifikat tentunya, berbagai art shop hingga di tempat perhiasan.
Kain tenun sasak khas lombok, oleh-oleh yang lainnya yang patut Anda pertimbangkan adalah kain tenun sasak. Terkenal dengan proses pembuatan yang rumit dan memakan waktu yang lama, membuat kain ini memiliki nilai seni dan ekonomi yang tinggi, semakin halus dan banyak motifnya semakin mahal pula juga harga jualnya. Anda dapat berkunjung ke pusat atau sentra industri kain tenun sukarara (Lombok tengah). Di pusat industrii kain tenun tersebut proses pembuatannya masih secara tradisional.

Madu Sumbawa, Pulau Sumbawa di kenal sebagai salah satu produsen / penghasil madu terbaik di Indonesia, madu Sumbawa dapat di dapatkan di pulau Lombok. Ada 2 jenis madu yang banyak di jual di pulau Lombok. Madu bisasa dengan warna kuning kecoklatan dan madu putih / madu Kristal (berasal dari lebah yang hidup di batu karang-karang putih). Khasiat madu ini di percaya dapat menyembuhkan penyakit saraf, pencernaan dan tulang. Selain madu sumbawa, ada juga madu rempah. Madu rempah adalah madu yang sudah di campur dengna rempah-rempah asli Lombok, khasiat madu ini antara lain,untuk vitalitas, melgakkan tenggorokan dll.

Susu kuda liar sumbawa, Di pulau Sumbawa anda juga dapat membeli susu kuda liar, susu ini sudah di kenal luas oleh masyarakat karena khasiatnya, tetapi susu ini jarang sekali di temukan di tempat lain. Di karenakan produksinya yang terbatas.  Susu yang berasal dari kuda-kuda yang hidup bebas berkeliaran di pulau Sumbawa ini banyak mengandung probitik alami dan bebas akan kandungan kimia. Susu kuda liar ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit seperti kolera,thypus, tbc, disentri, leukimia dan tumor.

Selain 5 oleh-oleh yang sudah di sebutkan, ada juga oleh-oleh seperti baju kaos Lombok, minyak gosok Sumbawa telur asin khas Lombok, dendeng rusa, kerupuk kaki ayam dll, Oleh-Oleh Terkenal Khas Pulau Lombok.
Share on Google Plus

About masone

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar